• Bonang Rt.04 Rw.o2
  • 081325694607
INFO
  • Selamat Datang di Website Pemdes Bonang " Desa Wisata Pantai dan Wisata Religi "

Tim KKNT-I IPB Gelar Edukasi Pemanfaatan Limbah Sampah Menjadi Barang Fungsional

18 Juli 2023 samsuri Berita Desa Dibaca 148 Kali

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi (KKN) angkatan 57 Institut Pertanian Bogor sejumlah 3.512 tersebar di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya Kabupaten Rembang tepatnya di Desa Bonang. Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata yang berlokasi di desa tersebut menggelar Program Kerja (Proker) di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadin, Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang pada Senin (03/07/2023) hingga Selasa (04/07/2023). 

 

Program kerja yang digelar berjudul “Edukasi Pemanfaatan Limbah Sampah Menjadi Barang Fungsional”. Penyelenggaraan proker ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak mengenai sampah sekaligus meningkatkan keterampilan anak-anak mengenai cara pengolahan limbah sampah yang baik agar dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang fungsional. Tidak hanya itu, harapannya melalui proker ini banyak pengetahuan yang dapat diambil untuk diterapkan oleh anak-anak kedepannya dalam menjaga lingkungan secara berkelanjutan. 

 

Koordinator Desa (Kordes), Azizul Hakim menyatakan bahwa “Proker ini ditargetkan kepada anak-anak karena tingkat efektivitasnya yang lebih besar melalui pengetahuan sejak dini mengenai sampah kepada siswa dan siswi madrasah”. Program kerja ini diikuti oleh 10 mahasiswa KKNT-I IPB di Desa Bonang, seluruh siswa serta siswi kelas 4, dan seluruh siswa serta siswi kelas 5 di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadin. Kegiatan yang dilakukan dalam edukasi ini berupa pemaparan materi singkat mengenai pengertian sampah, dampak sampah, jenis sampah, hingga cara pengelolaan sampah. Selain itu, terdapat juga demonstrasi pemanfaatan sampah menjadi barang fungsional. 

 

Mahasiswa mengajak sekaligus mendampingi para siswa kelas 4 dan kelas 5 untuk meningkatkan kreativitasnya dengan membuat barang fungsional dari sampah secara bersama-sama. Barang fungsional yang dihasilkan berupa tempat sampah mini dari botol bekas. Melalui demonstrasi ini, banyak siswa dan siswi yang tertarik dan antusias dalam mengkreasikan botol bekas tersebut. Muh. Ainul Fiqih, S.Ag selaku perwakilan guru pengampu Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadin menyampaikan bahwa proker yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKNT-I IPB ini sangat bermanfaat bagi anak-anak terutama dalam memanfaatkan barang bekas. Beliau mengatakan “Kegiatan edukasi mengenai sampah sangat bermanfaat terhadap pemahaman anak dalam memanfaatkan barang bekas dan menambah wawasan anak akan kegunaan barang bekas. Harapannya mahasiswa KKNT-I IPB dapat selalu bersinergi memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dalam semua kalangan maupun usia”. 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar