• Bonang Rt.04 Rw.o2
  • 081325694607
INFO
  • Selamat Datang di Website Pemdes Bonang " Desa Wisata Pantai dan Wisata Religi "

KKNT-I IPB UNIVERSITY ADAKAN PENYULUHAN KUALITAS DAN PEMANFAATAN PANGAN HEWAN LAUT DI DESA BONANG

23 Juli 2023 samsuri Berita Desa Dibaca 486 Kali

TINGKATKAN POTENSI PANGAN LOKAL MAHASISWA KKNT-I IPB UNIVERSITY ADAKAN PENYULUHAN KUALITAS DAN PEMANFAATAN PANGAN HEWAN LAUT DI DESA BONANG -

Mahasiswa KKN Tematik Inovasi IPB University gelar kegiatan penyuluhan kualitas dan pemanfaatan pangan hewan laut di Aula Dermaga, Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang pada hari Kamis, 20 Juli 2023. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dalam memanfaatkan sumberdaya laut desa bonang yang melimpah sekaligus memberikan keterampilan yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang dan pengembangan UMKM di Desa Bonang.


Penyuluhan ini meliputi pemaparan materi mengenai tata cara menilai kualitas ikan dan udang yang baik, penyakit-penyakit zoonosis pada ikan dan udang yang dapat membahayakan manusia, dampak yang akan terjadi, serta cara pencegahan dan pengobatannya. Selain itu, untuk mendukung pemanfaatan potensi pangan lokal yang tersedia diadakan pula demonstrasi pembuatan nugget udang sayur dan serbuk kaldu dari kulit udang sebagai rekomendasi olahan yang bergizi dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

 

Berada di wilayah pesisir pantai, masyarakat RW 01 Desa Bonang sebagian besar bermata pencaharian sebagai seorang nelayan. Potensi pangan hewan laut yang melimpah di desa ini adalah ikan dan udang. Kegiatan penyuluhan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memilih ikan dan udang dengan kualitas yang baik sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas konsumsi dan kesehatan masyarakat serta keterampilan masyarakat dalam mengolah hasil laut yang diperolehnya.  

 

Ketua Tim KKN Tematik Inovasi IPB University 2023 Desa Bonang, Azizul Hakim, dalam laporannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi wadah untuk masyarakat dalam menyampaikan berbagai sudut pandangnya terkait sektor  perikanan, khususnya kelompok nelayan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa peduli masyarakat terhadap pentingnya kualitas hasil laut, sehingga masyarakat desa Bonang dapat mendistribusikan pangan asal hewan laut yang berkualitas dan dapat mengolah pangan dengan nilai gizi yang baik.

 

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh perangkat desa Bonang, anggota kelompok nelayan, serta ibu kader dan PKK Desa Bonang. Kegiatan penyuluhan disambut positif oleh peserta yang hadir. Kegiatan ini dihadiri oleh 24 orang dan berlangsung dengan interaktif. Pada sesi diskusi peserta antusias memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap materi dan demonstrasi yang diberikan.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar